Feby Putri-Halu

 Mitos dan Pengalaman pada lagu Feby Putry-Halu.


Halu adalah lagu yang terinspirasi oleh para penderita skizofrenia di Indonesia. Skizofrenia sendiri merupakan jenis gangguan mental yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami waham atau halusinasi. Bahkan terkadang pengidap penyakit tersebut sering kali tak bisa membedakan mana khayalannya dan mana kenyataan. Ditambah lagi di Indonesia orang yang mengalami gangguan mental tersebut jumlahnya tidak sedikit.

Oleh karena itu, melalui video klipnya selebgram muda ini mengajak para pengikutnya untuk menumbuhkan rasa simpati kepada mereka. Karena menurutnya orang-orang yang dipandang sebelah mata ini memiliki perasaan, dan punya hak yang sama dengan manusia lainnya. 


Berikut inilah lirik lagu Feby Putri berjudul Halu yang lengkap:

Senyumanmu yang indah bagaikan candu
Ingin trus ku lihat walau
Ku berandai kau disini mengobati rindu ruai
Dalam sunyi ku sendiri meratapi
Perasaan yang tak jua di dengar
Tak kan apa bila rasa ini tumbuh sendirinya
Tak berdaya diri bila di antara
Walau itu hanya bayang bayangmu
Senyumanmu yang indah bagaikan candu
Ingin trus ku lihat walau dari jauh
Skarang aku pun sadari semua hanya mimpiku
Yang berkhayalah kan bisa bersamamu
Hu
Senyumanmu yang indah bagaikan candu
Ingin trus ku lihat walau dari jauh
Skarang aku pun sadari semua hanya mimpiku
Yang berkhayalah kan bisa bersamamu
Senyumanmu yang indah bagaikan candu
Ingin trus ku lihat walau dari jauh
Skarang aku pun sadari semua hanya mimpiku
Yang berkhayalah kan bisa bersamamu
Dihampiri sribu ragu hanya membisu hu
Dihampiri sribu ragu hanya membisu hu
Ku berkhayal

Mungkin banyak yang memaknai jika halu adalah khayalan terhadap orang yang tak bisa digapai. Namun, maksud dari video klip kali ini sangat berbeda dari bahasa alay yang biasa digunakan oleh anak muda jaman sekarang. Video klip yang diunggah pada Desember 2019 lalu bercerita mengenai pengidap skizofrenia yang selalu menghalusinasikan putrinya yang sudah tiada.

Feby Putri - Halu diperankan oleh empat orang lansia serta gadis muda yang selalu dirindukan oleh salah satu kakek tersebut. Singkat cerita saat kakek tersebut menutup matanya ia selalu melihat sosok putrinya dalam di dalam wahamnya. Namun ketika delusinya menghilang, sosok dalam halusinasinya perlahan ikut memudar. Hal tersebut tentu membuat sang kakek bersedih, sontak lansia itu pun berontak dan menangisinya seraya tak ingin sang gadis menghilang dari dunia ini. Perpaduan antara lirik lagu yang dalam beserta perasaan yang ingin disampaikan dalam video ini pun tersampaikan pada setiap pendengar, hingga tak jarang dari mereka yang menetesakan air mata.


Pengalaman estetis pada lagu Feby Putri-Halu.

Lagu ini mewakili cerita saya dengan Ibu. Ibu yang saya maksud bukan lah ibu kandung saya, melainkan tante saya yang sudah merawat saya dari saya bayi hingga besar sekarang, karena terbiasa memanggil ibu jadi saya sebut dia ibu.

Ibu adalah orang yang merawat saya hingga besar, saat saya berada di Sekolah Dasar sampai saya Sekolah Menengah Pertama atau SMP bahkan saya selalu diantar jemput sekolah walaupun jauh ibu tidak mengenal jarak dan waktu. Tidak hanya mengurus saya saja, ibu juga mengurus semua adik kaka saya sehingga menjadi sosok yang sangat kami cintai. Ibu juga suka membantu bersih-bersih dirumah jadi setiap hari saya selalu bertemu ibu. Namun pada tahun 2020 saat maraknya virus Covid-19 Ibu meninggalkan kami untuk selama-lamanya.

Halusinasi, sudah seperti hal biasa bagi saya ketika sedang merindukan seseorang. Ketika mendengar suara pintu, orang sedang menyapu, saya selalu teringat pada ibu entah apa yang saya pikirkan saya merasa ibu masih ada disisi kami, dan ketenangan itu terasa benar-benar hangat. Saya membantah sebuah fakta yang benar-benar tidak nyata dimata saya.



Comments

Popular posts from this blog

Mitos, Metafora, Dan Metonimi

Review 20 Jurnal Semiotika

Hubungan Semiotika Dengan Topi