Hubungan Semiotika Dengan Topi

 Semiotika merupakan tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut.



Topi Converse berwarna hijau. Topi ini telah menemani saya kira-kira 4 tahun pada 2019 lalu, pada saat saya Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK sampai saat ini saya sudah berada di semester 4 DKV Unindra. Topi ini adalah barang kesayangan saya karena topi ini adalah pemberian dari orang spesial saya sebagai hadiah ulang tahun. Bahkan setelah 4 tahun topi ini masih sangat terawat dan masih bagus.
Saya memang sangat suka menggunakan topi bahkan saya sampai mengoleksi beberapa topi dengan brand yang berbeda-beda. Saat memakai topi entah rasanya saya lebih percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain, selain itu topi juga salah satu aksesoris yang membuat penampilan kita menjadi lebih keren. Topi Converse hijau ini masih menjadi topi favorit saya sampai saat ini, maka dari itu saya sangat merawatnya.


Dalam semiotika yang dipopulerkan oleh Charles Sanders pierce mengemukakan teori segitiga makna atau meaning triangle. Segitiga makna ini berisi dari tiga elemen utama, yakni tanda (sign), object, dan interpretant. Tanda menurut Peirce terdiri dari Simbol (tanda yang muncul dari kesepakatan), Ikon (tanda yang muncul dari perwakilan fisik) dan Indeks (tanda yang muncul dari hubungan sebab-akibat). Objek atau acuan tanda adalah konteks sosial yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk tanda. Interpretant atau pengguna tanda adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda.





Topi saya adalah contoh semiotika dalam kehidupan sehari-hari.
Sign(Tanda) : Converse Caps 
Object          : Caps(Topi)
Interpretant  : Sebagai pelindung kepala dari sinar matahari, di sisi lain juga bisa sebagai aksesoris

Berikut adalah tampilan topi saya sebagai simbol segitiga semiotika 





Begitulah cerita singkat tentang topi kesayangan saya, sebenarnya masih banyak lagi berbagai hal yang bisa dijadikan tanda dalam kehidupan kita sehari-hari. Sekian dari saya terima kasih.





Comments

Popular posts from this blog

Mitos, Metafora, Dan Metonimi

Review 20 Jurnal Semiotika

Feby Putri-Halu